Selasa, 28 Februari 2012

Proposal Es Campur Ting - Ting


1.                       ALASAN UMUM
Dalam rangkaian ujian akhir pendidikan di SMKN 49 JAKARTA tahun ajaran 2011/2012. Seluruh siswa wajib mengikuti uji kompetensi sebagai siswa mempunyai keahlian yang akan dilaksanakan di SMKN 49 JAKARTA. Saya membuat usaha dalam penjualan minuman, yaitu minuman ES CAMPUR TING – TING.
              I.     LATAR BELAKANG

2.                       ALASAN KHUSUS
Agar dapat melatih kemampuan saya dalam berwirausaha, seuai dengan program jurusan saya yaitu pemasaran. Untuk itu, saya melakukan penjualan minuman ES CAMPUR TING – TING. Tempat yang pertama kali saya pilih adalah di SMKN 49 JAKARTA.

           II.     TUJUAN USAHA
Adapun maksud membuat usaha ini dengan tujuan :
·         Mendapatkan pengalaman
·         Mengembangkan jiwa wira usaha
·         Memberikan kepuasan terhadap pelanggan

        III.     ASPEK PEMASARAN DAN STRATEGI PEMASARAN
1)    Aspek Pasar
1.1      Lokasi
Saya akan membuka usaha di SMKN 49 JAKARTA

1.2      Potensi Pasar
Karena sasaran saya adalah para siswa-siswi, guru-guru, serta karyawan. Saya yakin potensi pasar dari penjualan ES CAMPUR TING – TING adalah cukup besar, karena lokasi yang sangat strategi untuk membuka suatu usaha.


1.3      Tingkat Persaingan
Tingkat persaingan yang akan saya hadapi tidak terlalu tinggi, namun saya menyadari akan persaingan dari produk alternative tersebut. Tapi, saya yakin dapat menghadapi itu semua, karena ES CAMPUR TING-TING ini memilih ciri khas tersendiri yang dapat menarik konsumen.

1.4      Peluang Pasar
Peluang pasar penjualan ES CAMPUR TING-TING cukup besar, karena selain tingkat persaingan yang tidak terlalu tinggi. ES CAMPUR TING-TING yang akan saya jual memiliki kelebihan sesuai dengan keinginan konsumen.

2)    Strategi Pemasaran
Strategi dari penjualan ES CAMPUR TING-TING adalah dengan menggunakan Marketing Mix yaitu 4 P + 1 S.
2.1      Produk (Product)
Produk yang sya tawarkan kepada konsumen adalah ES CAMPUR TING-TING.

2.2      Harga (Place)
Saya memilih untuk menjual ES CAMPUR TING-TING saya dengan harga Rp 5.000. Tujuannya untuk dapat menarik minat konsumen, karena penjualan masih tahap perkenalan.



2.3      Tempat atau Lokasi (Place)
Tempat atau lokasi saya pilih adalah di SMKN 49 JAKARTA.
2.4      Promosi (Promotion)
Promosi penjualan ES CAMPUR TING-TING yang saya lakukan untuk dapat menarik minat konsumen terhadap ES CAMPUR TING-TING yang akan saya jual adalah:
Ø  Mencetak dan membagikan brosur dengan tampilan yang menarik konsumen.
Ø  Menyediakan sample dari ES CAMPUR TING –TING yang saya jual.

2.5      Pelayanan (Service)
Saya akan melayani konsumen dengan pelayanan prima dan sebaik mungkin yaitu dengan cara menerapkan konsep A3 (Attitude, Attention, Action) dan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) karena konsep tersebut merupakan strategi pemasaran yang paling baik untuk melayani konsumen, agar konsumen merasa puas dan tidak kecewa

        IV.     ANALISIS SWOT
Dalam melakukan usaha untuk mencapai hasil maksimal, dengan cara saya melakukan analisis SWOT agar mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman dari ES CAMPUR TING-TING saya, yaitu:
STRENGHT                    :           Kekuatan
Kekuatan dari produk yang saya jual adalah:
·            Harganya relative murah
·            Bahan baku mudah diperoleh
·            Mempunyai cita rasa yang khas dan unik


WEAKNESS                   :           Kelemahan
Kelemahan dari produk yang saya jual adalah:
·            Bahan baku tidak tahan lama (mudah basi)
·            Produknya mudah ditiru
·            Selera konsumen yang selalu berubah
OPPORTUNITY             :           Peluang
Peluang dari produk yang saya jual adalah:
·            Tempatnya strategi dan nyaman
·            Konsumennya cukup banyak
·            Bahan baku yang mudah didapat
THREAMENT                :           Ancaman
Ancaman dari produk saya jual adalah:
·            Munculnya pesaing baru
·            Adanya variasi minuman yang lain

           V.     ASPEK FINANSIAL
Modal Kerja


Rp  261.000 : 100 porsi = Rp 2.610

Biaya Operasional
Ø Biaya Administrasi     Rp  10.000
Ø Promosi                       Rp  15.000
Ø Tenaga Kerja               Rp  30.000
Ø Transportasi                 Rp  10.000 +
     Total Biaya                  Rp  65.000


        VI.     PROYEKSI OMSET



Ø Prediksi Laba
·         Omset Penjualan        Rp  500.000
·         HP. Produksi              Rp  261.000 –
·         Laba Kotor                                                     Rp  239.000
Biaya Operasional :
·         Biaya Administrasi    Rp  10.000
·         Promosi                      Rp  15.000
·         Tenaga Kerja             Rp  30.000
·         Transportasi               Rp  10.000 –
                                                                                    Rp.   65.000 –
·         Laba Bersih                                                   Rp. 174.000


Ø Persentase Laba

Laba Bersih   x 100%  = Rp  174.000  x 100% =  34,8%
Pendapatan                     Rp  500.000


     VII.     BREAK EVENT POINT (BEP)

Harga Pokok + BOP  = Rp  261.000 + Rp  65.000 = Rp  326.000 = 65,2  = 66 porsi
      Harga Satuan                   Rp  5.000                   Rp    5.000


Dalam Persen (%) :
      
      Harga Pokok + Biaya Operasional x 100% = 65,2 %
                    Harga Satuan


Dalam Rupiah:

66 porsi  x Rp  5.000 = Rp  330.000




  VIII.     TARGET PENJUALAN

Dalam menjalankan kegiatan usaha, pasti semua orang memiliki target dalam penjualan. Dan saya pun memiliki target penjualan dalam kegiatan ini yaitu sebesat 85% (porsi ke 85 dalam nominal Rp 425.000) karena pada tingkat penjualan tersebut sudah diatas Break Event Point (BEP).


        IX.     KESIMPULAN

Harapan saya untuk produk ES CAMPUR TING-TING ialah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju. Disamping itu, saya mengharapkan supaya produk minuman ini tidak berkurang karena ES CAMPUR TING-TING ini sangat bagus dan berkualitas.
Ada beberapa kunci suksesnya :
·            Disiplin dalam segala bisnis
·            Tidak putus asa dan tidak menyerah
·            Memasarkan dengan menarik dan baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar