1.
ALASAN
UMUM
Dalam rangkaian
ujian akhir pendidikan di SMKN 49 JAKARTA tahun ajaran 2011/2012. Seluruh siswa
wajib mengikuti uji kompetensi sebagai siswa mempunyai keahlian yang akan
dilaksanakan di SMKN 49 JAKARTA. Saya membuat usaha dalam penjualan minuman,
yaitu minuman ES CAMPUR TING – TING.
I. LATAR BELAKANG
2.
ALASAN
KHUSUS
Agar dapat melatih
kemampuan saya dalam berwirausaha, seuai dengan program jurusan saya yaitu
pemasaran. Untuk itu, saya melakukan penjualan minuman ES CAMPUR TING – TING.
Tempat yang pertama kali saya pilih adalah di SMKN 49 JAKARTA.
II. TUJUAN USAHA
Adapun maksud
membuat usaha ini dengan tujuan :
·
Mendapatkan
pengalaman
·
Mengembangkan
jiwa wira usaha
·
Memberikan
kepuasan terhadap pelanggan
III. ASPEK PEMASARAN
DAN STRATEGI PEMASARAN
1)
Aspek
Pasar
1.1 Lokasi
Saya akan
membuka usaha di SMKN 49 JAKARTA
1.2 Potensi
Pasar
Karena sasaran
saya adalah para siswa-siswi, guru-guru, serta karyawan. Saya yakin potensi
pasar dari penjualan ES CAMPUR TING – TING adalah cukup besar, karena lokasi
yang sangat strategi untuk membuka suatu usaha.
1.3 Tingkat
Persaingan
Tingkat
persaingan yang akan saya hadapi tidak terlalu tinggi, namun saya menyadari
akan persaingan dari produk alternative tersebut. Tapi, saya yakin dapat
menghadapi itu semua, karena ES CAMPUR TING-TING ini memilih ciri khas
tersendiri yang dapat menarik konsumen.
1.4 Peluang
Pasar
Peluang pasar
penjualan ES CAMPUR TING-TING cukup besar, karena selain tingkat persaingan
yang tidak terlalu tinggi. ES CAMPUR TING-TING yang akan saya jual memiliki
kelebihan sesuai dengan keinginan konsumen.
2)
Strategi
Pemasaran
Strategi dari
penjualan ES CAMPUR TING-TING adalah dengan menggunakan Marketing Mix yaitu 4 P
+ 1 S.
2.1 Produk
(Product)
Produk yang sya
tawarkan kepada konsumen adalah ES CAMPUR TING-TING.
2.2 Harga
(Place)
Saya memilih
untuk menjual ES CAMPUR TING-TING saya dengan harga Rp 5.000. Tujuannya untuk
dapat menarik minat konsumen, karena penjualan masih tahap perkenalan.
2.3 Tempat
atau Lokasi (Place)
Tempat atau
lokasi saya pilih adalah di SMKN 49 JAKARTA.
2.4 Promosi
(Promotion)
Promosi
penjualan ES CAMPUR TING-TING yang saya lakukan untuk dapat menarik minat
konsumen terhadap ES CAMPUR TING-TING yang akan saya jual adalah:
Ø Mencetak
dan membagikan brosur dengan tampilan yang menarik konsumen.
Ø Menyediakan
sample dari ES CAMPUR TING –TING yang saya jual.
2.5 Pelayanan
(Service)
Saya akan
melayani konsumen dengan pelayanan prima dan sebaik mungkin yaitu dengan cara
menerapkan konsep A3 (Attitude, Attention, Action) dan 5S (Senyum, Salam, Sapa,
Sopan dan Santun) karena konsep tersebut merupakan strategi pemasaran yang paling baik
untuk melayani konsumen, agar konsumen merasa puas dan tidak kecewa
IV. ANALISIS SWOT
Dalam melakukan
usaha untuk mencapai hasil maksimal, dengan cara saya melakukan analisis SWOT
agar mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman dari ES CAMPUR TING-TING
saya, yaitu:
STRENGHT : Kekuatan
Kekuatan dari
produk yang saya jual adalah:
·
Harganya relative murah
·
Bahan baku mudah diperoleh
·
Mempunyai cita rasa yang khas dan
unik
WEAKNESS : Kelemahan
Kelemahan dari
produk yang saya jual adalah:
·
Bahan baku tidak tahan lama
(mudah basi)
·
Produknya mudah ditiru
·
Selera konsumen yang selalu
berubah
OPPORTUNITY : Peluang
Peluang dari
produk yang saya jual adalah:
·
Tempatnya strategi dan nyaman
·
Konsumennya cukup banyak
·
Bahan baku yang mudah didapat
THREAMENT : Ancaman
Ancaman dari
produk saya jual adalah:
·
Munculnya pesaing baru
·
Adanya variasi minuman yang lain
V. ASPEK FINANSIAL
Modal Kerja
Rp 261.000 : 100 porsi = Rp 2.610
Biaya Operasional
Ø Biaya
Administrasi Rp 10.000
Ø
Promosi Rp
15.000
Ø
Tenaga Kerja Rp
30.000
Ø
Transportasi Rp 10.000 +
Total Biaya Rp 65.000
VI. PROYEKSI OMSET
Ø Prediksi Laba
·
Omset Penjualan Rp
500.000
·
HP. Produksi Rp 261.000 –
·
Laba Kotor Rp 239.000
Biaya
Operasional :
·
Biaya Administrasi Rp
10.000
·
Promosi Rp
15.000
·
Tenaga Kerja Rp
30.000
·
Transportasi Rp 10.000 –
Rp. 65.000
–
·
Laba Bersih Rp.
174.000
Ø Persentase Laba
Laba Bersih x 100%
= Rp 174.000 x 100% =
34,8%
Pendapatan Rp 500.000
VII. BREAK EVENT POINT (BEP)
Harga Pokok +
BOP = Rp
261.000 + Rp 65.000 = Rp 326.000 = 65,2 = 66 porsi
Harga Satuan Rp 5.000 Rp 5.000
Dalam
Persen (%) :
Harga Pokok + Biaya Operasional x
100% = 65,2 %
Harga Satuan
Dalam
Rupiah:
66
porsi x Rp 5.000 = Rp
330.000
VIII.
TARGET
PENJUALAN
Dalam
menjalankan kegiatan usaha, pasti semua orang memiliki target dalam penjualan.
Dan saya pun memiliki target penjualan dalam kegiatan ini yaitu sebesat 85%
(porsi ke 85 dalam nominal Rp 425.000) karena pada tingkat penjualan tersebut
sudah diatas Break Event Point (BEP).
IX. KESIMPULAN
Harapan saya
untuk produk ES CAMPUR TING-TING ialah supaya produk ini bisa lebih berkembang
dan maju. Disamping itu, saya mengharapkan supaya produk minuman ini tidak
berkurang karena ES CAMPUR TING-TING ini sangat bagus dan berkualitas.
Ada
beberapa kunci suksesnya :
·
Disiplin dalam segala bisnis
·
Tidak putus asa dan tidak
menyerah
·
Memasarkan
dengan menarik dan baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar