A. Pengertian Secara Sempit
Pasar adalah suatu tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli dan jasa.
B. Pengertian Secara Luas
Pasar adalah tempat bertemunya penjual yang mempunyai kemampuan untuk menjual barang/jasa dan pembeli yang melakukan uang untuk membeli barang dengan harga tertentu.
Syarat-syarat terjadinya pasar adalah :
a. Ada tempat untuk berniaga
b. Ada barang dan jasa yang akan diperdagangkan.
c. Terdapat penjual barang tertentu
d. Adanya pembeli barang
e. Adanya hubungan dalam transaksi jual beli.
Pengertian pasar secara khusus adalah :
1. Sebagai sarana distribusi
Dengan adanya pasar, produsen dapat berhubungan baik secara langsung maupun
tidak langsung untuk menawarkan hasil produksinya pada konsumen.
2. Sebagai pembentuk harga
Di pasar terjadi tawar menawar antara penjual dan pembeli sehingga terbentuklah harga.
3. Sebagai sarana promosi
Dengan berbagai macam cara para produsen memperkenalkan hasil produksi kepada konsumen sehingga para konsumen berniat membeli barang tersebut.
2. Sebagai pembentuk harga
Di pasar terjadi tawar menawar antara penjual dan pembeli sehingga terbentuklah harga.
3. Sebagai sarana promosi
Dengan berbagai macam cara para produsen memperkenalkan hasil produksi kepada konsumen sehingga para konsumen berniat membeli barang tersebut.
Pengertian Tentang
Pasar Menurut Para Ahli.
A.
Pengertian Pemasaran Menurut WY. Stanton
Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.
B. Pengertian Pemasaran Menurut H. Nystrom
Pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
C. Pengertian Pemasaran Menurut Philip dan Duncan
Pemasaran yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang yang bersifat tangible ke tangan konsumen.
D. Pengertian Pemasaran Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat / American Merketing Association
Pemasaran adalah pelaksanaan kegiatan usaha pedagangan yang diarahkan pada aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.
B. Pengertian Pemasaran Menurut H. Nystrom
Pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
C. Pengertian Pemasaran Menurut Philip dan Duncan
Pemasaran yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang yang bersifat tangible ke tangan konsumen.
D. Pengertian Pemasaran Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat / American Merketing Association
Pemasaran adalah pelaksanaan kegiatan usaha pedagangan yang diarahkan pada aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Pengertian Tentang
Pasar Menurut Ahli.
Pengertian pasar
Pangertian pasar secara umum sering di kenal
sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan suatu transaksi
jual beli barang dan jasa yang bertujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan.
Sedangkan pengertian pasan secara konsep pemasaran adalah kelompok individual
(perorangan atau kelompok) yang mempunyai permintaan terhadap barang dan jasa
tertentu, daya beli, dan berniat merealisasikan pembelian.
Menurut William J. stanton (1993) pasar dapat di
definisikan sebagai berikut:
“pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk
belanja dan kemauan untuk membelanjakanya”. Dari definisi tersebut terdapat
tiga unsur penting di dalam pasar yaitu:
· orang dengan segala keinginanya.
· daya
beli mereka.
· kemauan untu membelanjakan.
1. Pasar konsumen akhir (end user)
Yaitu pasar yang menyediakan barang dan jasa
untuk tujuan memenuhi kebutuhan pribadi dan keperluan rumah tangga sendiri.
2. Pasar konsumen antara (intermediate
consumers)
Yaitu pasar yang menyediakan barang untuk tujuan
memenuhi konsumsi industrial, yang dimana barang dalam pasar tersebut di proses
atau dijual untuk pihak lain.
3. Pasar nyata
Adalah tempat umumnya dengan banyak penjual dan
banyak pembeli dengan membawa uang untuk mengadakan transaksi. Antara penjual
dan pembeli harus melihat barang-barang yang dijual.
4. Pasar abstrak
Adalah tempat terjadinya transaksi antara
penjual dan pembeli tanpa harus melihat barang-barang yang dijualkan.
Syarat-syarat terjadinya pasar
- adanya tempat untuk berniaga.
- adanya barang dan jasa
untuk di perdagangkan.
- terdapat penjual.
- terdapat pembeli.
- adanya hubungan transaksi
jual beli.
Tujuan terbentuknya pasar
- memudahkan konsumem
mendapat barang dan jasa tertentu.
- memudahkan produsen
menjual hasil produksinya.
- meningkatkan
perekonomian.
- Memfasilitasi masyarak
Jenis-jenis pasar barang
1. Pasar persaingan sempurna
Adalah struktur pasar atau industri dimana
terdapat banyak penjual dan pembeli, setiap penjual dan pembeli tidak dapat
mempengaruhi keadaan pasar. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah:
· Jumlah penjual dan pembeli sangat banyak.
· Barang yang diperdagangkan serba sama.
· Masing-masing penjual hanya berperan sebagai
price taken (yang menetapkan harga).
· Konsumen memahami sepenuhnya keadaan pasar.
· Tidak ada hambatan untuk keluar masuk pasar
bagi penjual.
· Factor-faktor produksi bebas bergerak.
· Pemerintah tidak campur tangan dalam pemetapan
harga.
2. Pasar monopoli (milik pemerintah)
Adalah suatu bentuk intnteraksi antara
permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu penjual yang berhadapan dengan
banyak pembeli. Ciri-ciri pasar monopoli (milik pemerintah) adalah:
· Harga ditentukan satu perusahaan.
· Tidak terdapat barang pengganti yang mirip
atau sama (clouse substitution).
· Tidak terdapat kemingkinan untuk masuk kedalam
industry.
· Penjual menguasai penentuan harga.
· Usaha mempromosikan melalui iklan kurang
diperlukan.
3. Pasar persaingan monopolistik
Adalah suatu bentuk interksi yang sama antara
permintaan dan penawaran dimana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan
barang yang sama tetapi berbeda corak (model). Ciri-ciri pasar persaingan
monopolistik adalah:
· Terdapat banyak penjual yang berkecampung di
pasar.
· Barang yang dijual diferentiaten.
· Para penjual memiliki kekuatan monopoli atas
barang produknya sendiri oleh karna itu harus memperhitungkan persaingan dengan
barang-barang lain yang sama tetapi berbeda corak untuk memenangkan persaingan.
· Setiap penjual atau produsen aktif melakukan
produksi dan iklan.
· Keluar masuk pasar relatif lebih mudah
dibandingkan dengan pasar monopoli atau oligopoli. Keadaan pasar disini
mengndung unsure monopoli sekaligus unsur persaingan disebut pasar persaingan
monopoli.
4. Pasar oligopoli
Adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan
penawaran dimana terdapat beberapa penjual atau produsen yang menguasai seluruh
permintaan pasar. Ciri-ciri pasar oligopoli adalah:
· Terdapat beberapa penjual atau produsen yang
menguasai pasar.
· Barang yang diperjual belikan dapat homogen
dapat pula berbeda corak (diferentiaten produk).
· Terdapat hambatan yang cukup kuat bagi
perusahaan yang berada di luar pasar untuk masuk kedalam pasar.
· Satu diantara para oligopolis merupakan rice
yaitu penjual yang memiliki pangsa pasar terbesar , memiliki kekuatan besar
untuk menetapkan harga dan para penjual yang lainya terpaksa mengikuti harga
tersebut.
Pengertian Pemasaran
Beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya:
- Menurut Philip kloter
pemasaran atau marketing adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk
memenuhi kebutuhan dan keinginan malalui proses pertukaran.
- Menurut William J.
stanton pemasaran adalah keseluruhan sistem dari kegiatan usaha yang ditunjukan untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, mendistribusikan barang dan
jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
Pemasaran adalah sebuah kegiatan baik secara individu maupun kelompok untuk
mendistribusikan, menawarkan hasil produksi kepada konsumen guna memenuhi
kebutuhan (needs), keinginan (wants), permintaan (demands) komsumen melalui
proses pertukaran agar tercapainya tujuan produsen.
Unsur-unsur dalam pemasaran
1. Pemasar
Adalah sebuah organisasi atau perorangan yang
mempunyai tujuan untuk puas melalui pendistribusian barang dari produsen kepada
konsumen. Pemasar dapat berupa:
- Produsen (berorientasi
terhadap keuntungan).
- Organisasi (berorientasi
terhadap keuntungan dan kesejahteraan umum).
- Pemerintah (berorientasi
terhadap kesejahteraan umum).
2. Barang dan jasa
Dalam sebuah pemasaran harus terdapat barang dan
jasa yang dipasarkan, barang yang ber sifat kongkret dan jasa yang bersifat
tidat kongkret.
- Pasar
Pasar dijadikan sebagai tempat pemenuh
kebutuhan, proses interaksi antara permintaan dan penawaran dari suatu barang
dan jasa tertentu sehingga terciptanya penetapan harga keseimbangan dari jumlah
barang dan jasa yang di perdagangkan.
- Negosiasi
Adalah proses interaksi antara produsen atau
distributor kepada konsumen untuk dapat memenuhi kebutuhan guna tercapainya
tujuan dan kesepakatan bersama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar